KPU Kota Mataram Melakukan Tahapan Verifikasi Faktual

  • Selasa, 07 Juli 2020 - 17:57:21 WIB
  • Administrator
KPU Kota Mataram Melakukan Tahapan Verifikasi Faktual

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram melakukan tahapan Verifikasi Faktual terhadap dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Perseorangan atas nama Dianul Hayezi, SE dan H. Badrun Nadianto, S.Sos.,M.Pd mulai tanggal 27 Juni 2020 dengan mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Verifikasi faktual dilakukan oleh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 49 kelurahan se-Kota Mataram.  Verifikasi faktual dilakukan untuk mengecek kebenaran dukungan setiap pendukung.

PPS dalam melaksanakan verifikasi faktual dibekali dengan alat pelindung diri (APD) berupa masker, pelindung wajah,sarung tangan dan hand sanitizer. Bahkan sebelum melakukan verifikasi faktual dilakukan rapid test kepada seluruh PPS.

Verifikasi faktual tersebut dilaksanakan selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 27 Juni 2020 sampai dengan tanggal 10 Juli 2020. PPS mendatangi setiap alamat pendukung sebagaimana tercantum dalam formulir B.1.1-KWK Perseorangan.

Apabila pendukung tidak ditemui maka selanjutnya PPS berkoordinasi dengan tim penghubung Bapaslon Perseorangan untuk mengumpulkan pendukung tersebut di tempat dan waktu yang ditentukan maksimal 3 hari semenjak pendukung tersebut tidak ditemui.

Apabila pendukung juga tidak dapat hadir pada masa di kumpulkan oleh penghubung Bapaslon Perseorangan, maka pendukung tersebut diberikan kesempatan untuk hadir di kantor PPS sampai dengan batas akhir verifkasi faktual yaitu tanggal 10 Juli 2020.

Sebagai infomasi,  KPU Kota Mataram menerima dukungan Bapaslon Perseorangan Dianul Hayezi, SE dan H. Badrun Nadianto, S.Sos.,M.Pd sejumlah 25.117. Setelah melalui tahap Verifikasi Administrasi, dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke tahapan Verifikasi Faktual sejumlah 13.888 pendukung.

  • Selasa, 07 Juli 2020 - 17:57:21 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya