Ingin menjadi Calon Perseorangan dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Tahun 2020....??

  • SABTU, 02 November 2019 - 00:00:00 WIB
  • Administrator
Ingin menjadi Calon Perseorangan dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Tahun 2020....??

Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Nomor : 136/HK.03.1-Kpt/5271/KPU-Kot/X/2019, tentang Jumlah Dukungan Minimal dan Persebarannya Bagi Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Tahun 2020, menetapkan bahwa:
1. Jumlah Dukungan adalah 8,5% (delapan koma lima persen) dari jumlah penduduk yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap pada Pemilihan Umum Tahun 2019 sejumlah 293.192 (dua ratus Sembilan puluh tiga ribu seratus Sembilan puluh dua) orang.
2. Jumlah dukungan minimal sebagaimana dimaksud pada angka 1 (satu) adalah sejumlah 24.922 (dua puluh empat ribu Sembilan ratus dua puluh dua) orang.
3. Jumlah dukungan paling sedikit tersebar di lebih dari 50% (lima puluh persen) dari jumlah kecamatan di Kota Mataram, yaitu minimal 4 (empat) kecamatan.
4. Surat pernyataan Dukungan disertai foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram, yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili di wilayah administrasi Kota Mataram paling singkat 1 (satu) tahun.
Penyerahan dukungan oleh Bakal Calon Perseorangan dimulai tanggal 11 Desember 2019.
Proses selanjutnya adalah penelitian administrasi apakah dukungan yang diserahkan memenuhi jumlah dukungan minimal dan memenuhi persebaran minimal.
Terkait dengan persebaran minimal, ditentukan bahwa dukungan yang diserahkan harus tersebar minimal di lebih dari 50 persen kecamatan dalam wilayah kabkota yang bersangkutan.
Setelah memenuhi syarat administrasi, maka dukungan selanjutnya akan diverifikasi faktual, dengan menggunakan metode sensus, bukan metode Sampel.
Metode Sensus yaitu mendatangi seluruh pendukung yang diserahkan kepada KPU Kota Mataram.
Metode ini merupakan salah satu perbedaan pemilihan serentak tahun 2020 dibandingkan dengan pemilihan serentak pada tahun sebelumnya.
Setelah diverifikasi faktual, akan diketahui bakal pasangan calon yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dukungan dan sebaran
Hanya bakal pasangan calon yang MS dukungan dan sebaran yang boleh mendaftar sebagai bakal Calon bersamaan dengan pendaftaran bakal calon dari partai politik atau gabungan partai politik.
Inilah perbedaan kedua antara pemilihan serentak tahun 2020 dengan pemilihan serentak tahun sebelumnya, dimana sebelumnya bakal calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon meskipun belum dinyatakan MS dukungan dan sebaran.

  • SABTU, 02 November 2019 - 00:00:00 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya